Log Perjalanan


Rabu, Mei 15, 2013

Turnkeylinux, Distro linux bagi pustakwan yang ingin belajar linux

Bagi seorang pustakawan untuk untuk bisa bersaing dan memberikan pelayanan di abad 21 tentunya harus memiliki kemampuan yang mumpuni, seperti yang di sampaikan oleh Farli Elnumeri ada acara SLiMS MeetUp 2012 di jogja bahwa seorang pustakawan harus memiliki kompetensi dasar umum dan diperlukan untuk melakukan tugas-tugas perpustakaan, meliputi:
  1. Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar,
  2.  Menyusun Rencana Kerja Perpustakaan (RKP), 
  3.  Membuat Laporan Kerja Perpustakaan (LKP).
Merujuk kepada Point pertama yaitu mengoperasikan komputer tingkat dasar hal ini memperlihatkan bahwa seorang pustakawan yang bisa mengoperasikan komputer tingkat dasar sudah memiliki peluang untuk bisa bersaing, apalagi memiliki kemampuan tingkat mahir tentu peluang akan jauh terbuka lebar. Menurut saya salah satu indikator mahir adalah penguasaan Distribusi Linux khusunya server. Kita semua tau bahwa sebahagian besar aplikasi yang di pergunakan di perpustakaan berbasiskan web, oleh karena itu dibutuhkan pustakawan yang paham akan hal tersebut, meskipun hal tersebut bukan bagian dari pekerjaan inti namun dikarenakan keterbatasan mau tidak mau kalau sebuah pustaka punya komitmen untuk maju dan ingin lebih baik maka harus ada pustakawan yang bisa. Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, di beberapa perpustakaan saya menemukan bahwa calon pustakawan yang mampu mengoperasikan linux server cenderung lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan dilapangan saya juga menemukan pustakawan yang meminta kualifikasi menguasai linux.
Oke, sekarang terlepas dari tuntutan, semuanya kembali kepada masing-masing individu yang menjalankannya. Bagi pustakawan yang ingin berubah dan mau sedikit bersusah payah untuk belajar dan menguasai Linux khusunya server bisa mencoba  Turnkeylinux. Turnkeylinux merupakan distro linux server yang merupakan turunan dari debian 6 yang mana kinerjanya sudah terbukti handal. Turnkeylinux dipaket dalam ukuran yang kecil mulai dari 150MB sehingga bisa dijalankan pada komputer berspesifikasi rendah. Dalam setiap versi Turnkeylinux sudah di paketkan kebutuhan server, misalnya web server, database server serta gui yang sangat mudah dimengerti bahakan bagi orang yang belum pernah menggunakan linux server sebelumnya. Bagi yang belum berani mencoba langsung bisa mencoba terlebih dahulu di Virtualisasi. Untuk lebih jelasnya mengenai turnkeylinux bisa dilihat disini
Selamat mencoba dan semoga bisa membantu :) .



0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar !